Lestari, Tya Widi and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Bermain Jawaban Pada Siswa Kelas V Sd N Catur Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (409kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (376kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA kelas V SD N Catur tahun ajar 2012/2013 melalui penerapan strategi pembelajaran bermain jawaban. Subjek penelitian penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD N Catur tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 10 orang, dimana 6 siswa lali-laki dan 4 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar belajar pada materi Bumi dan Alam Semesta, adapun indicator motivasi : Antusias siswa dalam menerima pelajaran, Kemauan mendengarkan penjelasan dari guru, Keberanian menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain, Kemauan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Pada indikator antusias siswa dalam menerima pelajaran, prasiklus 20%, siklus I pertemuan pertama 30% dan pertemuan kedua 40%, siklus II 100%. Kemauan mendengarkan penjelasan dari guru prasiklus 30%, siklus I pertemuan pertama 40% dan pertemuan kedua 50%, siklus II 100%, Keberanian menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain prasiklus 10% , siklus I pertemuan pertama 20% dan pertemuan kedua 30%, siklus II 70%. Kemauan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru prasiklus 20%, siklus I pertemuan pertama 30% dan pertemuan kedua 50%, siklus II 100%. Selain peningkatan motivasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 20% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I sebesar 60%, dan pada siklus II sebesar 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Bermain Jawaban dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SD N Catur tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar dan Strategi Bermain Jawaban |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 10:13 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22895 |
Actions (login required)
View Item |