Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati Dengan Metode Circ Disertai Media Audio Visual Tiga Dimensi Kelas VIIC SMP Ta’mirul Islam Surakarta Ta2011/2012

Dewi, Melia Kanenia and , Drs. Djumadi, M.Kes and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Materi Keanekaragaman Hayati Dengan Metode Circ Disertai Media Audio Visual Tiga Dimensi Kelas VIIC SMP Ta’mirul Islam Surakarta Ta2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (826kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (555kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa model mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi aspek kognitif siswa kelas VIIC SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan keanekaragaman hayati dengan menerapkan model kooperatif CIRC yang disertai media audio visual tiga dimensi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan analisis diskriptif kualitatif. Penelitian ini diawali dengan membaca materi, mendiskusikan suatu permasalahan berupa soal cerita dan pertanyaan, menulis hasil diskusi serta diakhiri dengan presentasi, kemudian diadakan post test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I aspek kognitif = 75,00 % ; aspek afektif = 52,68 %. Peningkatan hasil belajar siklus II aspek kognitif = 92,84 % ; aspek afektif = 92,86 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif CIRC yang disertai media audio visual tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif pada pokok bahasan keanekaragaman hayati siswa kelas VIIC SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar kognitif dan afektif, Penerapan model pembelajaran CIRC, Keanekaragaman Hayati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Feb 2013 07:30
Last Modified: 02 Nov 2021 23:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22883

Actions (login required)

View Item View Item