Wacana Persuasi Pada Artikel Islami Di Media Elektronik

Sadora, Iga Pia and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum (2013) Wacana Persuasi Pada Artikel Islami Di Media Elektronik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
9R._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9R._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengidentifikasi wujud bahasa yang digunakan dalam wacana persuasif di media elektronik. 2) Mendiskripsikan isi pesan yang terkandung dalam wacana persuasif pada artikel islami di internet. Objek penelitian dalam objek yang akan diteliti karena objek sasaran yang menjadi pokok penelitian. Objek akan diteliti dalam penelitian ini adalah wacana persuasi pada artikel di media elektronik. Pengumpulan data suatu penelitian teknik mengumpulkan data diperlukan suatu teknik. Pada penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode simak. Teknik analisis data yang digunakan adalah Metode ini digunakan untuk menemukan paragraf persuasi pada artikel Islami, kemudian mengidentifikasi wujud bahasa yang digunakan di dalamnya. Selain itu juga untuk mendeskripsikan isi pesan yang terkandung pada artikel islami di media elektronik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa; Penelitian ini mengkaji tentang bentuk bahasa yang digunakan dalam artikel Islam, serta mengkaji isi yang terkandung dalam wacana persuasi pada artikel Islam di media elektronik. Berdasarkan bentuk bahasa yang digunakan dalam waana persuasi artikel Islam di media elektronik, terdapat wacana yang bersifat menegaskan, menyakinkan, saran dan nasihat. Berdasarkan isi yang terdapat di dalamnya, wacana perausai pada artikel Islam di media elektronik terdiiri atas wacana yang mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu melalui saran yang disampaikan, penegasan tentang suatu hal, nasihat yang disampaikan dan saran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wacana persuasi, Artikel Islami
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Feb 2013 10:23
Last Modified: 28 Oct 2021 06:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22860

Actions (login required)

View Item View Item