PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN STRATEGI JIGSAW UNTUK POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN

AMBARWATI, RINA (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2007/2008 DENGAN STRATEGI JIGSAW UNTUK POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA TUMBUHAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420040016.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
A420040016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2007/2008 dengan strategi jigsaw untuk pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Metode penelitian menggunakan strategi jigsaw dilakukan dalam tiga siklus. Eksperimen dilakukan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ratarata hasil belajar siklus I (aspek kognitif = 6,50 atau meningkat sebesar 0,90 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,866, dengan presentasi sebesar 73,97%; aspek afektif = 24,72 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (aspek kognitif = 7,15 atau meningkat 0,65 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,852, dengan presentasi sebesar 85,86%; aspek afektif = 34,20 (termasuk kategori cukup berminat atau meningkat sebesar 9,48 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (aspek kognitif = 7,57 dengan presentase sebesar 94,45% atau meningkat 0,42 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,703; aspek afektif = 44,85 (termasuk kategori berminat atau meningkat 10,65 dari siklus II). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2007/2008.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, strategi jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 08 Jun 2009 08:38
Last Modified: 11 Dec 2014 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item