ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS DI PASAR NANGKA SURAKARTA

MUSTIKASARI, DESY (2008) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS DI PASAR NANGKA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100030167.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img]
Preview
PDF
B100030167.pdf

Download (56kB)

Abstract

Perkembangan bisnis tanaman hias yang begitu pesat utamanya disebabkan karena sektor ini sangat mudah ditekuni dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Menurut pendapat pakar tanaman, nilai ekonomis tanaman hias utamanya ditentukan oleh pola daun, warna daun, jenis tanaman, dan keunikan tanaman. Keunikan tanaman itu sendiri sangat ditentukan oleh bentuk dan pola daun serta teknik Perawatan. Selain itu, keunikan tanaman juga mempengaruhi nilai ekonomis yang diperoleh dari tanaman tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat keterkaitan antara faktor-faktor usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan dan jenis pekerjaan dengan faktor-faktor atribut produk tanaman hias yaitu harga, jenis tanaman, dan nilai artistik, 2) Faktor apakah yang mempunyai keterkaitan paling erat terhadap keputusan konsumen dalam pembelian tanaman hias di Pasar Nangka Surakarta?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterkaitan antara faktor-faktor usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan dan jenis pekerjaan dengan faktor-faktor atribut produk tanaman hias yaitu harga, jenis tanaman, dan nilai artistik, 2) Untuk mengetahui faktor yang mempunyai keterkaitan paling erat terhadap keputusan konsumen dalam pembelian tanaman hias di Pasar Nangka Surakarta. Manfaat penelitian ini adalah bagi para pelaku bisnis Tanaman Hias di Pasar Nangka Surakarta, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan mengenai perilaku konsumen tanaman hias sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja pemasaran mereka, dan meningkatkan volume penjualan mereka di masa yang akan datang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: “Diduga ada keterkaitan yang signifikan antara faktor-faktor Karakteristik konsumen terhadap atribut produk tanaman hias; dan diduga faktor nilai artistik tanaman merupakan faktor yang mempunyai keterkaitan paling erat terhadap pendapatan dalam pengambilan keputusan pembelian tanaman hias di Pasar Nangka Surakarta”. Hasil analisis data didapatkan hasil berikut: 1)Berdasarkan analisis c2 diketahui bahwa ada keterkaitan antara faktor-faktor karakteristik konsumen terhadap atribut produk tanaman hias antara jenis kelamin dengan harga, jenis kelamin dengan jenis tanaman, umur dengan jenis tanaman, jenis pekerjaan dengan jenis tanaman, pendidikan dengan harga, dan pendapatan dengan nilai artistik, 2) Berdasarkan perhitungan koefisien kontingensi dan Cmax diketahui bahwa selisih yang terendah adalah jenis kelamin dengan harga (0,707 – 0,369 = 0,339), dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa keterkaitan yang paling erat atau dominan adalah antara jenis kelamin dengan harga. Berdasarkan hasil analisis di atas maka hipotesis yang menyatakan bahwa: “Diduga ada keterkaitan yang signifikan antara faktor-faktor karakteristik konsumen terhadap Atribut produk tanaman hias di Pasar Nangka Surakarta”, yang terdiri dari jenis kelamin dengan harga, jenis kelamin dengan jenis tanaman, umur dengan jenis tanaman, jenis pekerjaan dengan jenis tanaman, pendidikan dengan harga, dan pendapatan dengan nilai artistik, tidak terbukti kebenarannya. Adapun yang tidak ada keterkaitan terdiri dari jenis kelamin dengan nilai artistik, umur dengan harga, umur dengan nilai artistik, jenis pekerjaan dengan harga, jenis pekerjaan dengan nilai artistik, pendidikan dengan jenis tanaman, pendidikan dengan nilai artistik, pendapatan dengan harga, dan pendapatan dengan jenis Tanaman. Sedangkan hipotesis yang menyatakan bahwa faktor nilai artistik mempunyai keterkaitan paling erat terhadap pendapatan, tidak terbukti kebenarannya, karena faktor yang mempunyai keterkaitan paling erat atau dominan adalah jenis kelamin dengan harga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, jenis pekerjaan, harga, jenis tanaman, dan nilai artistik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 08 Jun 2009 08:36
Last Modified: 17 Nov 2010 00:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item