Sumarni, Sumarni and , Drs. Ahmad Fatoni, M.Pd and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Kartu Angka Pada Taman Kanak–Kanak 01 Gondosuli Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (481kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan berhitung melalui media kartu angka. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah Anak kelas Taman Kanak-Kanak 01 Gondosuli yang berjumlah 21 Anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung Anak dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari 1) Anak yang mendapatkan nikai A sebelum tindakan sebesar 19%, pada putaran I sebesar 28%, pada putaran II sebesar 76%, 2) nilai B sebelum diadakan tindakan sebesar 14%, pada putaran I sebesar 47%, pada putaran II sebesar 23%, 3) nilai C sebelum diadakan tindakan sebesar 47%, pada putaran I sebesar 23%, pada putaran II sebesar 0%, sedang nilai D sebelum dilaksanakan tindakan 19%, pada putaran I 0%, dan pada putaran ke II 0%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berhitung Anak. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar Anak hanya mencapai daya serap 19%, pada putaran I mencapai daya serap 28%, pada putaran II mencapai daya serap 76%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengunaan media kartu angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung Anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung, media kartu angka. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 06:12 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22848 |
Actions (login required)
View Item |