Proklawati, Nurul and , Drs. A. Fathoni, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Bermain Pohon Hitung Di Kelompok A RA Perwanida Plumbon Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (263kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (808kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak melalui bermain pohon hitung pada anak Kelompok A RA Perwanida Plumbon Tawangmangu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok A di RA Perwanida Plumbon Tawangmang tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan pohon hitung dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Prosedur penelitian ini terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Data diolah dengan teknik analisis komparatif, yaitu perbandingan antara pencapaian kemampuan berhitung anak dengan indikator kinerja pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pohon hitung dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di Kelompok A RA Perwanida Plumbon Tawangmangu tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah anak yang mencapai keberhasilan atau ketuntasan dalam kemampuan berhitung pada setiap siklusnya, yaitu sebelum tindakan jumlah anak yang mencapai keberhasilan atau tuntas sebanyak 5 anak (28%), kemudian setelah diberi tindakan menggunakan pohon hitung pada siklus I meningkat menjadi 12 anak (67)%, pada siklus II meningkat menjadi 17 anak (83%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di RA Perwanida Plumbon Tawangmangu tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berhitung anak, Pohon hitung. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2013 12:33 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22844 |
Actions (login required)
View Item |