Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di TK Desa Krajan 01, Weru, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Retnowati, Lilis and , Drs. M. Djaelani, M. Pd. (2013) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di TK Desa Krajan 01, Weru, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (423kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode kayawisata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah anak didik TK Desa Krajan 01, Krajan, Weru, Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013 kelompok A yang berjumlah 25 anak. Obyek penelitian ini adalah kemandirian anak. Data kemandirian anak dikumpulkan dengan teknik observasi. Data dianalisis dengan analisis komparatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut pada siklus I diperoleh 5 anak yang tuntas dari 25 anak, pada siklus II diperoleh 15 anak yang tuntas dari 25 anak, dan pada siklus III diperoleh 20 anak yang tuntas dari 25 anak. Nilai rata-rata siklus I; siklus II; dan siklus III yaitu 1,6; 2,35 dan 3,0 dengan ketuntasan KKM 2,5. Ketuntasan pada siklus I; siklus II dan siklus III yaitu 20%; 60% dan 80%. Proses analisis data melalui 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan demikian karena terjadi peningkatan maka dapat disimpulkan bahwa metode karyawisata dapat meningkatkan kemandirian anak pada anak kelompok A di TK Desa Krajan 01, Weru, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian anak, metode karyawisata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 07:33
Last Modified: 04 Nov 2021 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22831

Actions (login required)

View Item View Item