HASTUTI, TUTUK (2008) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI DAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU (Pteridophyta) DI KELAS VII B MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN STRATEGI STAD DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420040012.pdf Download (194kB) |
|
PDF
A420040012.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode eksperimen dengan strategi STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan klasifikasi dan keanekaragaman tumbuhan paku (Pteridophyta) pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun ajaran 2007 / 2008. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test pada setiap siklusnya. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan caradeskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Data hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata – rata sebesar 5, 17 dan rata – rata pembelajaran kognitif sebesar 24 %, rata – rata pembelajaran afektif sebesar 77, 1 %, dan pada rata – rata pembelajaran psikomotor sebesar 71, 6 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dengan strategi STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun ajaran2007 / 2008. Kata kunci: Kualitas pembelajaran, kooperatif STAD
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran, kooperatif STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 08 Jun 2009 08:29 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 00:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2283 |
Actions (login required)
View Item |