Utomo, Yuni Setiyo and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Pengaruh Persepsi Guru Tentang Peran Kepala Sekolah Dan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di SD Negeri Trimulyo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (14MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IIi)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (16MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan : 1) pengaruh persepsi guru rentang peran kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan; 2) pengaruh implementasi manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan; 3) pengaruh persepsi guru rentang peran kepala sekolah dan implementasi manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Trimulyo. Seluruh populasi diteliti sehingga disebut penelitian populasi, sehingga tidak menggunakan teknik sampling. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,742+ 0,495X1 + 0,577X2. Persamaan menunjukkan bahwa mutu pendidikan dipengaruhi oleh persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi MBS. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh yang signifikan persepsi guru tentang peran kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan SD Negeri Trimulyo. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,115> 2,093 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008. dengan sumbangan relatif sebesar 38,7% dan sumbangan efektif 18,537%.2) Ada pengaruh yang signifikan implimentasi manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan SD Negeri Trimulyo. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,748 > 2,093 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,013, dengan sumbangan relatif sebesar 61,3 % dan sumbangan efektif 29,363 %; 3) Ada pengaruh yang signifikan persepi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi manajemen berbasis sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan . Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 8,738 > 3,522 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,479. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,479 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi manajemen berbasis sekolah terhadap mutu pendidikan adalah sebesar 47,9% sedangkan 52,1%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Guru, Implementasi MBS, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2013 06:27 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22826 |
Actions (login required)
View Item |