Cahyani, Fitriana and , dr. M. Shoim Dasuki, M.Kes and , dr. Dodik Nursanto (2013) Perbedaan Perkembangan Personal Sosial antara Anak yang Sekolah di TK Full Day dan TK Reguler di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (394kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (487kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Masa usia dini adalah masa keemasan, artinya masa tersebut merupakan masa terbaik dalam proses belajar yang hanya sekali dan tidak pernah terulang kembali. Hal yang terpenting dalam perkembangan anak ialah perkembangan sikap sosialnya. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan personal sosial anak. Anak yang mendapat stimulasi yang terarah dan teratur akan berkembang dengan baik, salah satunya pada pendidikan prasekolah seperti Taman Kanak-kanak (TK). TK dilihat dari jenisnya dibedakan menjadi TK full day dan TK reguler. Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan perkembangan personal sosial antara anak yang sekolah di TK full day dan TK reguler di Surakarta. Metode Penelitian: Merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang membandingkan anak yang sekolah di TK full day dan TK reguler. Sampel terdiri dari 52 anak yang sekolah di TK full day dan 44 anak yang sekolah di TK reguler di Surakarta. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan tes Denver. Hasil Penelitian: Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji Chi Square didapatkan nilai p < 0,001 (p < 0,05) untuk perkembangan personal sosial. Kesimpulan: Perkembangan personal sosial anak yang sekolah di TK full day lebih baik daripada anak yang sekolah di TK reguler, dengan kata lain H1 diterima.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal sosial, TK full day, TK reguler |
Subjects: | R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Feb 2013 07:33 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 10:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22735 |
Actions (login required)
View Item |