Aktivitas Larvasida Fraksi Polar Ekstrak Etanol Daun Inggu (Ruta Angustifolia L.) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles Aconitus dan Anopheles Maculatus beserta Profil Kromatografinya

Nisa, Ratna Ainun and , Dr. Haryoto, M.Sc and , Rima Munawaroh, M.Sc., Apt (2013) Aktivitas Larvasida Fraksi Polar Ekstrak Etanol Daun Inggu (Ruta Angustifolia L.) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles Aconitus dan Anopheles Maculatus beserta Profil Kromatografinya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (411kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (430kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Pengendalian penyakit yang disebabkan oleh nyamuk menggunakan larvasida berbahan dasar kimia telah banyak digunakan. Beberapa tanaman yang merupakan sumber alami, terbukti mampu menjadi agen larvasida yang lebih aman daripada agen larvasida berbahan dasar kimia. Salah satu tanaman yang memiliki aktivitas larvasida adalah daun inggu (Ruta angustifolia L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas larvasida fraksi polar ekstrak etanol daun inggu terhadap larva nyamuk Anopheles aconitus dan Anopheles maculatus. Pembuatan ekstrak menggunakan metode maserasi dengan perbandingan serbuk daun inggu dan pelarut etanol 96% (1:7,5). Fraksinasi untuk mendapatkan fraksi polar ekstrak etanol menggunakan metode Kromatografi Cair Vakum (KCV) dengan perbandingan pelarut n-heksan:etil asetat (9,5:0,5; 9:1; 8:2; dan 7:3). Uji aktivitas larvasida menggunakan lima seri konsentrasi, yaitu 50, 250, 500, 750, dan 1000 ppm. Nilai LC50 yang diperoleh untuk larva nyamuk Anopheles aconitus dan Anopheles maculatus adalah 397,17 dan 421,63 ppm. Hasil tersebut membuktikan bahwa fraksi polar ekstrak etanol daun inggu memiliki aktivitas larvasida. Identifikasi senyawa menggunakan Kromatografi Lapis Tipis (KLT) dengan perbandingan fase gerak n-heksan:etil asetat (4:6) menunjukkan hasil bahwa fraksi polar ekstrak etanol daun inggu mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, saponin dan terpenoid.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Larvasida, daun inggu, A. aconitus, A. maculatus
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Feb 2013 11:32
Last Modified: 03 Nov 2021 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22717

Actions (login required)

View Item View Item