Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Tingkat Dispepsia Menjelang Ujian Nasional Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun 2012

Arimbi, Ari Lestari Dwi (2012) Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Tingkat Dispepsia Menjelang Ujian Nasional Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (669kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (959kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (686kB)

Abstract

Latar Belakang: Dispepsia merupakan keluhan nyeri perut bagian atas (abdominal discomfort), pedih, mual, kadang-kadang disertai dengan muntah, rasa panas di dada dan perut, lekas kenyang, anoreksia, kembung, regurgitasi, dan banyak mengeluarkan gas masam dari mulut (ruktus). Pasien dispepsia ada hubungannya dengan ansietas dimana dispepsia fungsional lebih tinggi tingkat ansietasnya dibandingkan pasien dispepsia organik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat dispepsia pada siswa kelas IX yang akan menghadapi ujian nasional di SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali tahun 2012. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasi analitik dengan metode cross sectional. Pengukuran tingkat kecemasan dengan scoring kecemasan menggunakan Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A) dan pengukuran tingkat dispepsia dengan scoring The Napean Dyspepsia Index (NDI). Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi spearman kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan korelasi spearman antara NDI dan HRS-A adalah 0,244, yang berarti bahwa kekuatan korelasi antara kedua variabel tersebut lemah. Nilai p<0,05 (0,039), yang artinya terdapat korelasi yang bermakna antara NDI dan HRS-A. Arah korelasi bernilai positif yang berarti hubungan kedua variabel searah. Jadi, semakin besar skor HRS-A maka semakin besar pula skor NDI. Hal ini berarti bahwa ada hubungan secara positif antara tingkat kecemasan dengan tingkat dipepsia pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyudono Tahun 2012 dengan kekuatan korelasi lemah. Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat kecemasan dengan tingkat dispepsia pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kecemasan, tingkat dispepsia, faktor risiko
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Feb 2013 10:18
Last Modified: 15 Feb 2013 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22706

Actions (login required)

View Item View Item