Purnomo, Dadi and , Drs. Aryanto, M. Pd. and , Drs. Sumardi, M. Si. (2013) Klasifikasi Soal-Soal Ujian Nasional Matematika Smp Tahun Ajaran 2009/2010 Dan 2010/2011 (Khususnya aspek kognitif berdasarkan studi Survey of Enacted Curriculum). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (263kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (694kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Bab II)
05._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab III)
06._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
PDF (Bab V)
08._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebaran soal-soal ujian nasional matematika SMP tahun 2009/2010 dan 2010/2011 yang dikaji khususnya pada aspek kognitif menurut Survey of Enacted Curriculum/SEC. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi kemudian mengklasifikasikan soal-soal UN berdasarkan pedoman yang telah dipersiapkan, yaitu mengklasifikasikan soal-soal UN ke dalam aspek kognitif menurut studi Survey of Enacted Curriculum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data pada setiap sampel soal, yaitu penentuan tahun ajaran, penentuan soal-soal ujian nasional, dan penggunaan data. Hasil dari penelitian tersebut adalah 1) Soal-soal UN mata pelajaran matematika tingkat SMP tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 tidak tersebar merata baik pada aspek kognitif menurut studi SEC, soal-soal tersebut hanya tersebar kedalam 3 cognitive demand yang pertama yaitu memorize (mengingat/hafalan), Perform Procedure (perhitungan), dan Demonstrated Understanding (pemahaman), sedangkan tingkatan Conjecture/generalize/prove (analisis), Solve non-routine problem (memecahkan masalah non rutin) sama sekali tidak tersentuh dalam soal-soal UN matematika SMP tahu ajaran 2009/2010 dan 2010/2011. 3) Kelemahan soal-soal UN matematika SMP tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 terletak pada tingkat kesulitan soal-soal itu sendiri, yang terlalu kontekstual, dengan didominasi oleh aspek kognitif Memorize (mengingat/hafalan), Perform Procedure (perhitungan), dan Demonstrated Understanding (pemahaman). Penelitian ini menyimpulkan bahwa soal-soal UN matematika tingkat SMP tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 khususnya aspek kognitif berdasarkan studi SEC tidak tersebar merata dan soal terlalu kontekstual.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis soal UN matematika berdasar SEC, aspek kognitif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 08:57 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22689 |
Actions (login required)
View Item |