Widyaningtyas, Yeni and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. (2013) Upaya Meningkatkan Penalaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PTK Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Wuryantoro). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
publikasi.pdf Download (394kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (601kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Treffinger pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wuryantoro sebanyak 36 siswa. Penelitian dilakukan dua kali putaran, dengan putaran pertama diberikan metode diskusi, sedangkan pada putaran kedua dengan metode diskusi dan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan indikator-indikator penalaran dan kemampuan komunikasi, yaitu: (1) kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan guru meningkat dari 5,7% menjadi 63,8%, (2) kemampuan memberikan tanggapan saat proses pembelajaran berlangsung meningkat dari 14,3% menjadi 44,4%, dan (3) kemampuan membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran yang dilakukan meningkat 5,7% menjadi 52,8%. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Treffinger dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Wuryantoro.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Treffinger, penalaran matematika, komunikasi matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 07:59 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22687 |
Actions (login required)
View Item |