Sekarwati, Etik and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Botok Kecamatan Kerjo Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (736kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (231kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan aktivitas siswadalam pembelajaran PKn melalui strategi jigsaw. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 02 Botok yang berjumlah 12 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti (guru). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan adalah model interaktif dan deskriptif kualitatif. Model interaktif digunakan untuk menganalisis data aktifitas siswa. Sedangkan untuk menganalisis data tentang hasil belajar menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi tentang sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada kondisi awal 16,67%. mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 47,92%. dan siklus 2menjadi89,58%. Peningkatan aktivitas tersebut diikuti peningkatan hasil belajar. Hasil belajar pada kondisi awal siswa yang tuntassebanyak 3mengalami peningkatan menjadi 7 siswa yang nilainya diatas KKM (65) pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 11 siswayang nilainya diatas KKM (65). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri 02 Botok kecamatan kerjo tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Siswa, Pembelajaran PKn, Strategi Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 07:04 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 14:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22679 |
Actions (login required)
View Item |