Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas VII SMP N 1 Juwiring

Fahmi, Lutfiyani Nur20 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas VII SMP N 1 Juwiring. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (219kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII C melalui model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dan kreativitas siswa. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari siklus I bahwa keaktifan siswa diperoleh sebesar 44,86% dan kreativitas siswa diperoleh sebesar 39,18%. Pada siklus II tingkat rata-rata keaktifan siswa meningkat menjadi 75,76%, dan kreativitas siswa juga meningkat menjadi 75,76%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas VII C SMP N I Juwiring.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Keaktifan siswa, Kreativitas Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2013 08:22
Last Modified: 12 Feb 2013 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item