Studi Kolerasi Mengenai Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Citra Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab.Sragen Periode Maret Tahun 2012

Permatasari, Desy Intan (2012) Studi Kolerasi Mengenai Persepsi Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Citra Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab.Sragen Periode Maret Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (281kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._BAB_IV.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (316kB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan berorientasi pada pelanggan di bawah pengawasan pemerintah. PDAM Kab. Sragen saat ini memasuki era baru, sebagai perusahaan pelayanan publik yang berpusat pada pelayanan pelanggan. Pada era baru ini, PDAM Kab. Sragen berkonsentrasi untuk lebih mengedepankan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan mengusung motto baru “BEST” (BErikan Servis Terbaik). Perubahan motto ini diikuti dengan peningkatan pelayanan kepada pelanggan, sehingga sesuai dengan tujuan untuk membuat standar pelayanan oleh PDAM untuk para pelanggan. Selain itu, untuk memperoleh persepsi baik yang berujung pada citra positif perusahaan. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa dengan citra PDAM Kab. Sragen. Metodologi yang digunakan penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan metode survei eksplanatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM yang melakukan pembayaran rekening tagihan air di kantor PDAM Kab. Sragen. Jumlah sampel 100 orang, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa dengan citra perusahaan. Hal ini dilihat dari nilai koefisien korelasi 0,454 (positif), dan thitung > ttabel, yaitu 5,045 > 1,661. Artinya, citra Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab. Sragen baik di mata pelanggan dikarenakan persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan PDAM juga bernilai baik. Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat dikatakan bahwa semakin baik persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa maka akan semakin baik citra perusahaan. Sebaliknya semakin buruk persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa, maka semakin buruk pula citra perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra, Kualitas Pelayanan Jasa, Persepsi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Feb 2013 07:19
Last Modified: 11 Feb 2013 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22636

Actions (login required)

View Item View Item