Perancangan Aplikasi Pengenalan Beberapa Bagian Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality

Bintarto, Sandyarjo and , Heru Supriyono, S.T. M.Sc, Ph.D and , Dedi Ary Prasetya, S.T. (2013) Perancangan Aplikasi Pengenalan Beberapa Bagian Candi Borobudur Berbasis Augmented Reality. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Nasklah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) saat ini telah banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi virtual 3D yang menggabungk:an benda maya dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda­ benda maya tersebut dalam waktu nyata Namun dengan banyaknya pembuatan aplikasi seperti ini bukan berarti pembuatan dan pembuatan aplikasi yang serupa berhenti begitu saja. Banyak program yang bisa diaplikasikan untuk pembuatan aplikasi AR denganflartoolkit dan ARToolkit sebagai library deteksi objek. Hal ini sangat memudahkan para pembuat aplikasi AR dalam membuat program aplikasi berbasis AR karena didalamnya telah tersedia file library yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi AR. Dalam Tugas Akhir dibahas pengenalan objek candi Borobudur berbasis AR. AR memerlukan video streaming yang diambil dari kamera sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker dideteksi, model objek muncul di atas marker seolah-olah model tersebut nyata. Untuk membuat model objek candi borobubur ini, model harus dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan perangkat lunak untuk membuat objek 3D, dalam kasus ini menggunakan 3D Blender 2.49 kemudian diubah formatnya menjadi format yang didukung oleh aplikasi ini. Setelah pengujian sistem, Sistem dapat mendeteksi marker dengan batasan jarak antara kurang lebih 6 dan kurang lebih 24 em dari kamera, serta batasan kecerahan antara kurang lebih 50 nilai mean untuk maksimal gelap dan kurang lebih 200 nilai mean untuk maksimal terang. Sistem dapat mendeteksi marker dalam keadaan frontal dengan akurasi 100% dan waktu deteksi kurang dari 0.5 detik. Sistem menampilkan objek ketika marker terlihat oleh kamera dan ada beberapa kemiringan yang dapat dikenali dan tidak dikenali oleh sistem. Sistem tidak dapat menampilkan objek jika marker terhalang oleh objek lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pengenalan-bagian Candi Borobudur
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 07 Feb 2013 12:34
Last Modified: 05 Nov 2021 12:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22616

Actions (login required)

View Item View Item