Kesiapan Gurumatematika Mengintegrasikan Karakter Dalam Pembelajaran (Studi Kasus Padasmp Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo)

ASMARAWATI, ENDAH and , Idris Harta, M.A, Ph.D. and , Drs. H. Slamet, Hw. M.M. (2013) Kesiapan Gurumatematika Mengintegrasikan Karakter Dalam Pembelajaran (Studi Kasus Padasmp Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (453kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (622kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru matematika mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian ini antara lain: 1) Kesiapan guru matematika mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran matematika di SMP N 2 Gatak sudah dikatakan baik, hal ini bisa diamati dari pemahaman guru tentang pendidikan karakter, pengembangan RPP, silabus dan bahan ajar yang mengembangkan karakter serta pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran.2) Dalam pembelajaran nilai-nilai karakter untuk matematika meliputi religius, kejujuran, kecerdasan, kedisiplinan, kepedulian, demokratis, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, kerja keras, keingintahuan, kemandirian, bertanggung jawab dan percaya diri.3)Kendala yang dialami sebagian guru matematika adalah kurangnya kesadaran dari siswa akan pentingnya nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengintegrasian, Karakter, Guru Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 11:45
Last Modified: 03 Nov 2021 01:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22598

Actions (login required)

View Item View Item