Pengaruh Variasi Bahan Terhadap Sifat Fisis Dan Sifat Mekanis Kopling Gesek Sepeda Motor Dengan Bahan Dasar Serat Kelapa Serbuk Baja Serbuk Tembaga Dan Resin Phenolic

Sriyono, Sriyono (2012) Pengaruh Variasi Bahan Terhadap Sifat Fisis Dan Sifat Mekanis Kopling Gesek Sepeda Motor Dengan Bahan Dasar Serat Kelapa Serbuk Baja Serbuk Tembaga Dan Resin Phenolic. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (834kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi bahan dengan menggunakan fraksi berat serat kelapa, serbuk baja, serbuk tembaga dan resin phenolic terhadap kekerasan dan keausan dari spesimen kampas kopling dan membandingkannya dengan kampas kopling X. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serat kelapa, serbuk baja, serbuk tembaga, yang telah disaring 60 mesh dan resin phenolic. Bahan ini dicampur kemudian dipress dengan beban 4 Ton selama 60 menit. Setelah mencapai holding time yang diinginkan, dies (cetakan) dimasukkan kedalam sintering dengan suhu 800C selama 40 menit dan spesimen dikeluarkan dari cetakan. Setelah didapat tiga spesimen kampas kopling variasi serbuk baja,dan serbuk tembaga, lalu dilakukan proses pengujian keausan dengan standart ASTM D 3702-94 dan pengujian kekerasan Brinell dengan standart ASTM F 1957-99 kemudian dilakukan foto makro untuk melihat kepadatan dan sifat masing-masing bahan penyusun spesimen kampas kopling. Hasil pengujian yang dilakukan meliputi uji keausan dan uji kekerasan Brinell menunjukan bahwa komposisi bahan dengan menggunakan fraksi berat serat kelapa sebesar 20 %, dan serbuk baja sebesar 20 %, serbuk tembaga 40%, resin Phenolic 20% didapat harga kekerasan 4,080 Kg/mm2, harga keausan uji kering 0,14 mm/jam, dan harga keausan uji basah pengaruh oli 0,16 mm/jam. Sehingga mendekati kampas kopling X yaitu dengan harga kekerasan3,974 Kg/mm2 harga keausan uji kering sebesar 0,15 mm/jam dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,20 mm/jam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kampas kopling, Serat kelapa, Serbuk Baja, Serbuk tembaga, keausan, kekerasan.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Feb 2013 11:43
Last Modified: 01 Feb 2013 11:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item View Item