Sriyono, Sriyono (2012) Pengaruh Variasi Bahan Terhadap Sifat Fisis Dan Sifat Mekanis Kopling Gesek Sepeda Motor Dengan Bahan Dasar Serat Kelapa Serbuk Baja Serbuk Tembaga Dan Resin Phenolic. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (427kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (834kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi bahan dengan menggunakan fraksi berat serat kelapa, serbuk baja, serbuk tembaga dan resin phenolic terhadap kekerasan dan keausan dari spesimen kampas kopling dan membandingkannya dengan kampas kopling X. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serat kelapa, serbuk baja, serbuk tembaga, yang telah disaring 60 mesh dan resin phenolic. Bahan ini dicampur kemudian dipress dengan beban 4 Ton selama 60 menit. Setelah mencapai holding time yang diinginkan, dies (cetakan) dimasukkan kedalam sintering dengan suhu 800C selama 40 menit dan spesimen dikeluarkan dari cetakan. Setelah didapat tiga spesimen kampas kopling variasi serbuk baja,dan serbuk tembaga, lalu dilakukan proses pengujian keausan dengan standart ASTM D 3702-94 dan pengujian kekerasan Brinell dengan standart ASTM F 1957-99 kemudian dilakukan foto makro untuk melihat kepadatan dan sifat masing-masing bahan penyusun spesimen kampas kopling. Hasil pengujian yang dilakukan meliputi uji keausan dan uji kekerasan Brinell menunjukan bahwa komposisi bahan dengan menggunakan fraksi berat serat kelapa sebesar 20 %, dan serbuk baja sebesar 20 %, serbuk tembaga 40%, resin Phenolic 20% didapat harga kekerasan 4,080 Kg/mm2, harga keausan uji kering 0,14 mm/jam, dan harga keausan uji basah pengaruh oli 0,16 mm/jam. Sehingga mendekati kampas kopling X yaitu dengan harga kekerasan3,974 Kg/mm2 harga keausan uji kering sebesar 0,15 mm/jam dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,20 mm/jam.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampas kopling, Serat kelapa, Serbuk Baja, Serbuk tembaga, keausan, kekerasan. |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Feb 2013 11:43 |
Last Modified: | 01 Feb 2013 11:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22538 |
Actions (login required)
View Item |