Sofyanto, Ahmad and , Drs. Djumadi, M.Kes and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Materi Gerak Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dan Keaktifan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (955kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (877kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (250kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dan keaktifan siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII B SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan indikator pencapaian sebanyak 75% siswa mampu melebihi nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran aktif index card match efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012. Hasil belajar biologi setelah pelaksanaan pembelajaran index card match pada siklus I, diperoleh peningkatan hasil belajar mencapai rata-rata 7,44 dengan ketuntasan mencapai 82,35%. Kemudian setelah pelaksanaan siklus II, diperoleh peningkatan hasil belajar yang mencapai rata-rata 9,24 dengan ketuntasan mencapai 97,06%. (2) Strategi pembelajaran aktif index card match efektif dalam meningkatkan keaktfan siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran biologi pada akhir siklus I adalah mencapai 2,39 dengan prosentase ketuntasan mencapai 32,35% meningkat sebesar 29,41% dari kondisi awal. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran biologi pada akhir siklus II adalah mencapai 3,17 dengan prosentase ketuntasan mencapai 94,12% atau meningkat sebesar 61,76% dari siklus I. Ketuntasan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran biologi sebesar 94,12% sudah melebihi indikator kinerja yang ditetapkan yaitu sebesar 75%, sehingga penelitian tindakan ini dinyatakan sudah berhasil. Kesimpulan yang diambil: 1) Strategi pembelajaran aktif index card match efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012; 2) Strategi pembelajaran aktif index card match efektif dalam meningkatkan keaktfan siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Index Card Match, keaktifan siswa, hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Feb 2013 10:18 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22533 |
Actions (login required)
View Item |