Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten Tahun 2012

Erlina, Sofani (2012) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (636kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten Tahun 2012. Metode penelitian ini yaitu studi kasus karena memfokuskan pada kasus tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Cawas misalnya guru selalu membuat RPP, guru selalu mempersiapkan materi dengan mengambil berbagai referensi, menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi; 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan adalah pertama, diikutkan dalam penyelenggaraan MGMP baik di sekolah maupun di Kabupaten, seminar, workshop, dan menjadi guru pembimbing dalam kegiatan cerdas cermat. Kedua, supervisi. Ketiga, mengadakan kedisiplinan kerja dan pemberian motivasi. Keempat, menyediakan fasilitas pendidikan (sarana prasarana); 3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan adalah faktor internal, yaitu banyaknya kesibukan dari guru karena tugas-tugas yang harus dilaksanakan di sekolah, keadaaan kesehatan guru, dan usia guru Pendidikan Kewarganegaraan. Selanjutnya untuk faktor dari luar, yaitu tempat tinggal bapak/ibu guru Pendidikan Kewarganegaraan yang jauh dari sekolah SMA Negeri 1 Cawas; 4) Solusi kepala sekolah mengatasi kendala-kendala dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan adalah mengurangi beban tugas guru di luar proses pembelajaran, menyampaikan tugas jauh hari sebelum hari pelaksanaan, memberi nasehat dan motivasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Kepala Sekolah, Kompetensi Profesionalisme, Guru Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Feb 2013 05:58
Last Modified: 01 Feb 2013 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item