Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Card Sort Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Gondang 7 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Rahman, Oktorina Kurnia (2012) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Card Sort Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Gondang 7 Gondang Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
iNASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan metode Card Sort mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SD Negeri Gondang 7 Gondang Sragen Tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gondang 7 Gondang Sragen yang berjumlah 44 siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas IV. Pelaksana tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru Bahasa Indonesia kelas IV. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumen dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa sebelum tindakan masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa atau prosentasi siswa yang aktif dan merespon pelajaran guru, yaitu sekitar 22.73% atau 10 siswa. Sedangkan hasil belajar siswa yang mencapai KKM 31.81% atau 14 siswa dan yang belum mencapai KKM 68.18% atau 30 siswa. Setelah pelaksanaan siklus I dengan 2 putaran diperoleh rata-rata prosentase peningkatan aktivitas belajar naik menjadi 34.09% atau 15 siswa. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa naik menjadi 38.64 %, atau sekitar 17 siswa. Pada siklus II, peningkatan aktivitas belajar 54.55% atau 24 siswa sedangkan untuk hasil belajar siswa juga telah mengalami banyak kemajuan, yaitu nilai lebih dari atau sama dengan KKM (≥65) mencapai 81.82 % atau 36 siswa, sedangkan 18.18% atau 8 siswa tidak mencapai KKM

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Card Sort
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 30 Jan 2013 12:25
Last Modified: 30 Jan 2013 12:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item