Herbyanti, Deni (2012) Pelatihan Empower Mother’s Parenting Style Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Pengasuhan Anak. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas intervensi empower mother’s parenting style (EMPS) untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam mengasuh anak. Penelitian ini termasuk penelitian jenis eksperimen karena memberikan perlakuan berupa intervensi. Penelitian ini terdiri dari 3 kelompok, kelompok 1 adalah kelompok intervensi EMPS, kelompok II adalah kelompok ceramah, dan kelompok III adalah kelompok tanpa perlakuan. Setiap kelompok pada penelitian ini terdiri dari 12 partisipan penelitian di desa Gonilan Kartasura.pada setiap kelompok diberikan pre test, post test, dan follow up Partisipan penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 2-7 tahun karena pada usia ini anak masih berada pada tahapan tantrum. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama dua hari berturut-turut. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri, yang didukung dengan hasil observasi dan wawancara. Analisis yang dipakai adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang didapat berdasarkan data kuantitatif adalah hasil post test yaitu nilai F = 26.679; Sig (p) = 0,000; p < 0,001. Data tersebut berarti ada perbedaan yang sangat signifikan pada kepercayaan diri dari hasil post test pada kelompok eksperimen, kelompok ceramah, dan kelompok kontrol. Nilai pada follow up yaitu nilai F = 53,810; Sig (p) = 0,000; p < 0,001. Data tersebut berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan kepercayaan diri pada nilai follow up untuk kelompok eksperimen, kelompok ceramah, dan kelompok kontrol. Hasil nilai mean kepercayaan diri pada kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi EMPS naik 18,59 poin. Hasil pada follow up kelompok eksperimen adalah sebesar 0,08 poin. Hasil peningkatan pada post test ke follow up menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan EMPS berpengaruh pada kepercayaan diri. Hasilnya adalah partisipan mengalami peningkatan kepercayaan diri, sehingga mampu mengasuh anak dengan tertata, mampu menahan emosi dan tenang dalam berbagai situasi, optimis, mampu memecahkan masalah dalam pengasuhan dan mengatur emosi, lebih mandiri dan bertanggung jawab, dan mampu mengaplikasikan hasil pelatihan dalam pengasuhan sehari-hari
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, empower mother’s parenting style (EMPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 08:04 |
Last Modified: | 23 Jan 2013 08:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22417 |
Actions (login required)
View Item |