Peningkatan Perilaku Jujur Anak Usia Dini Melalui Media Audio-Visual Pada Anak Didik Kelompok B Di Ba ‘Aisyiyah Grinting Nogosari

MULIA , ATIN (2012) Peningkatan Perilaku Jujur Anak Usia Dini Melalui Media Audio-Visual Pada Anak Didik Kelompok B Di Ba ‘Aisyiyah Grinting Nogosari. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (452kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku jujur anak dengan menggunakan media audio-visual pada anak didik kelompok B di BA „Aisyiyah Grinting Nogosari tahun ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B BA „Aisyiyah Grinting yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Data tentang kemampuan perilaku jujur dan penerapan pembelajaran melalui media audio-visual dikumpulkan melalui observasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku jujur dengan menggunakan media audio-visual pada anak didik kelompok B BA Aisyiyah Grinting mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Perilaku jujur anak meningkat dari prasiklus 54,6% menjadi 66,04% pada siklus I. Pada siklus II kemampuannya meningkat menjadi 76,5% dan pada siklus III meningkat hingga mencapai 88,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan media audio-visual dapat meningkatkan penanaman nilainilai dan moral agama yaitu perilaku jujur anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media audio-visual, penanaman perilaku jujur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2013 11:06
Last Modified: 16 Jan 2013 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22353

Actions (login required)

View Item View Item