Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Seribu Pena Bahasa Indonesia Untuk Sma/Ma Kelas XII Karangan Pudji Isdriani Terbitan Erlangga Tahun 2009

Munaf, Rezza (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Seribu Pena Bahasa Indonesia Untuk Sma/Ma Kelas XII Karangan Pudji Isdriani Terbitan Erlangga Tahun 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (579kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Materi ajar dalam buku teks bahasa dan sastra Indonesia dapat mewujudkan harapan membentuk karakter generasi penerus bangsa karena kegiatankegiatannya mengindikasikan ke arah terbentuknya karakter. Materi ajar untuk SMA kelas XII banyak terdapat nilai-nilai pendidikan karakter. Materi ajar memuat aspek seperti kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dll. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi dan mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ajar Bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XII karangan Pudji Isdriani terbitan Erlangga tahun 2009, (2) untuk mengetahui makna nilainilai pendidikan karakter pada materi ajar Bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XII karangan Pudji Isdriani terbitan Erlangga tahun 2009. Sumber data penelitian ini berupa materi ajar Bahasa Indonesia karangan Pudji Isdriani terbitan Erlangga tahun 2009. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif dan analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh sejumlah 85 data nilai pendidikan karakter dengan rincian: nilai religius, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab dan bergaya hidup sehat masing-masing terdapat 5 data. Nilai disiplin terdapat 4 data. Disamping itu nilai jujur, toleransi, demokrasi masing-masing terdapat 3 data. Nilai semangat kebangsaan juga terdapat 2 data. Dari segi makna materi ajar Seribu Pena Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas XII Karangan Pudji Isdriani terbitan Erlangga tahun 2009 mengajarkan kepada para siswa untuk dapat menumbuhkan rasa cinta kepada Tuhan, menciptakan rasa senang akan kehadirannya, senang bergaul dengan orang lain. Siswa juga dapat menumbuhkan sikap menghargai keberhasilan orang lain, menilai sama hak dan kewajiban dengan orang lain, patuh terhadap aturan, suka menyediakan waktu untuk membaca, menempatkan kepentingan negara dan ingin mendalami sesuatu yang dibaca. Disamping itu siswa juga dapat menumbuhkan tindakan untuk hidup rukun dengan orang lain, tidak mau bergantung pada orang lain, melaksanakan, tugas dengan tertib, suka membantu orang lain, menciptakan kebiasaan hidup sehat, mencegah kerusakan alam, tidak pantang menyerah, menghasilkan sesuatu yang baru, rela berkorban demi negara dan jujur dalam perbuatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, materi ajar, makna.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 14 Jan 2013 11:32
Last Modified: 14 Jan 2013 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22339

Actions (login required)

View Item View Item