Cahyaningrum, Ika (2012) Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poliklinik Umum Peserta Pkms (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta ) Di Rsud Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (306kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan adalah kepuasan pasien. Selama ini pihak RSUD Kota Surakarta belum pernah mengadakan evaluasi kepuasan pasien yang mengkhususkan pada pasien rawat jalan peserta PKMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan peserta PKMS di RSUD Kota Surakarta. Metode penelitian menggunakan metode observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan peserta PKMS sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Analisis statistik menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penarikan hipotesis terhadap lima variabel dengan uji t dan uji F, diperoleh tingkat signifikansi kurang dari 0,05, maka ada pengaruh secara parsial dan simultan antara keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien rawat jalan peserta PKMS di RSUD Kota Surakarta. Untuk koefisien regresi keberwujudan sebesar 0,209; keandalan 0,305; ketanggapan 0,444; jaminan 0,471; dan empati 0,366. Variabel keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 73,1% sedangkan sisanya sebesar 26,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Rumah sakit sebagai penyedia layanan sebaiknya lebih memprioritaskan jaminan karena jaminan memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan pasien rawat jalan peserta PKMS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, PKMS, mutu pelayanan. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2013 06:31 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 01:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22306 |
Actions (login required)
View Item |