Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Pada kelas II semester II SMP Negeri I Sawit Tahun Pembelajaran 2005/2006

Isnaini, Annis (2006) Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Pada kelas II semester II SMP Negeri I Sawit Tahun Pembelajaran 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika. (2) Mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester II SMP N I Sawit tahun pembelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cluster random sampling yang diambil sebanyak 2 kelas, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anava dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan α = 5% disimpulkan: (1) Ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika antara siswa yang diberikan dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Posing dan siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan metode konvensional, pada pokok bahasan statistika dengan Fa = 4,025, (2) Ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fb = 8,728, (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan statistika dengan Fab = 0,802. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar ditinjau dari metode pembelajaran dan aktivitas belajar, sedangkan interaksi antara metode pembelajaran dengan aktivitas belajar tidak memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok bahasan statistika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Problem Posing, Prestasi Belajar Matematika, Aktivitas belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Jan 2013 10:44
Last Modified: 02 Jan 2013 10:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22284

Actions (login required)

View Item View Item