Peningkatan Aktivitas Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving (Ptk Pembelajaran Matematika Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta)

Fausiningrum, Fausiningrum (2006) Peningkatan Aktivitas Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving (Ptk Pembelajaran Matematika Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universits Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui pendekatan problem solving, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah Polya yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yang berjumlah 39 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru SMP Kelas VIIB dam subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode test. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadi peningkatan aktivitas berpikir kritis siswa melalui penerapan pendekatan problem solving yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah Polya. Adapun peningkatan persentase kemampuan siswa yang ada yaitu : (a) kemampuan siswa dalam memahami masalah meningkat mencapai 89,74%, (b) kemampuan siswa dalam menyusun rencana meningkat mencapai 84,61%, (c) kemampuan siswa dalam melaksanakan rencana meningkat mencapai 79,49%, (d) kemampuan siswa dalam memeriksa kembali meningkat mencapai 64,10%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan berpikir kritis, memahami masalah, menyusun rencana,melaksanakan rencana, memeriksa kembali, pendekatan ProblemSolving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2012 11:18
Last Modified: 04 Jan 2013 10:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item