Eksperimentasi Pengajaran Matematika Menggunakan Metode Diskusi Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas Ii Mts Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes Tahun Ajaran 2005/2006)

Umaiyah, Jahrotun (2006) Eksperimentasi Pengajaran Matematika Menggunakan Metode Diskusi Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas Ii Mts Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes Tahun Ajaran 2005/2006). Skripsi thesis, Universits Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan metode mengajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode mengajar dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes tahun ajaran 2005/2006. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 2A sebanyak 40 sebagai kelas eksperimen dan kelas 2C sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengujian matching menunjukkan bahwa kedua kelas dalam keadaan yang seimbang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis pada a = 5% disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan metode mengajar terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar dengan Fa=4,09 > Ftab=3,96. (2) tidak ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar dengan Fb=2,72 < Ftab=3,96. (3) tidak ada interaksi antara metode mengajar dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar dengan Fab=3,11 < Ftab=3,96.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode diskusi, alat peraga, bangun datar, aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2012 10:47
Last Modified: 04 Jan 2013 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22246

Actions (login required)

View Item View Item