Analisis Pengaruh Promosi Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Di Surakarta

Atmadja, Barkah Adhi Chandra Hesti (2003) Analisis Pengaruh Promosi Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Aktifitas pariwisata internasional dapat mendiversifikasikan struktur perekonomian di suatu negara. Pengembangannya ditentukan adanya suatu keseimbangan antara instrumen perekonomian dan prinsip-prinsip pariwisata. Skripsi ini merupakan suatu penelitian aplikasi studi ekonomi dalam kasus pariwisata, bahwa adanya promosi pariwisata hanya memiliki relevansi dalam pertumbuhan pasar wisata, yaitu dengan memperhitungkan tingkat proporsi dalam mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan (antara lain pengaruh promosi, karakteristik dan ciri khas serta pertumbuhan kunjungan) terhadap orientasi wisatawan mancanegara di Surakarta. Adanya konsep variabel hubungan kausal adalah untuk menjelaskan keterkaitan di antara fungsi pemasaran dan dalam evaluasinya diperoleh standar industri yang relevan dengan proses pengembangan potensi pariwisata. Pendekatan yang dilakukan adalah melalui sales promotion, image promotion dan communication promotion sebagai upaya komunikasi yang sistematis. Dan berarti promosi dapat ditinjau dari tujuan, bauran promosi, karakteristik media dan alternatifnya. Sedangkan didalam marketing mix, promosi termasuk variabel aktifitas inti sistem pemasaran. Penerapannya dalam pariwisata adalah sebuah eksplorasi pengalaman pribadi yang dinamis, berupa aktifitas komunikasi yang mengarah pada terciptanya kombinasi dari “creating high expectation” dengan “satisfying them with surplus benefit of reality over expectation. Dapat dikatakan pariwisata adalah suatu industri yang terdiri dari berbagai proses dan tiap proses memiliki peranan tertentu dan saling berkesinambungan, hingga dalam penelitian ini lebih difokuskan pada suatu metode hukum pemasaran, karena dalam pertumbuhan pariwisata global dituntut adanya kebijaksanaan yang berorientasi pada arus kunjungan wisatawan mancanegara. Surakarta sebagai destinasi pariwisata dapat ditinjau dari kondisi geografis dan historis, profilnya berupa kota masa depan yang bercitra internasional dengan pasar wisata di beberapa negara di belahan dunia.Perkembangannya tidak lepas dari faktor efforts, yakni berupa point-point yang strategis dalam kinerja pariwisata dan lingkungan makro ekonomi. Hingga sekarang, pertumbuhan kunjungan belum menunjukkan nilai yang positif disamping upaya promosi belum menunjukkan pengaruh yang diharapkan. Hubungan antara kedua variabel (promosi dan pertumbuhan kunjungan) terhitung lemah meskipun terdapat multikolinieritas antara variabel sales promotion dan image promotion. Dai nilai determinasi terlihat hanya 20.1% dari pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara yang dipenuhi dari proses promosi dan 79,9 % didapatkan dari faktor lain. Bahkan dengan membandingkan nilai standar error of estimate yang lebih kecil dari standar deviasi pertumbuhan kunjungan, maka persamaan regresinya adalah Y = 16,953 + 1.406X1 + 1.094X2 –2.130X3 dapat digunakan sebagai prediktor pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara dibanding menggunakan rerata pertumbuhan kunjungan itu sendiri, walaupun persamaannya terlihat tidak signifikan. Untuk menguji signifikasi konstanta dan variabel dependent, terlihat probabilitas yang lebih baik sehingga promosi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara, dan masih identik diantara variabel promosi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 11:00
Last Modified: 20 Dec 2012 11:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item