Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Bertaraf Internasional (Study Sdn – Bi Gemolong Sragen 2011/2012)

Kristini, Kristini (2012) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Bertaraf Internasional (Study Sdn – Bi Gemolong Sragen 2011/2012). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_Teses_jadi.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, menganalisis tentang pengelolaan pembelajaran matematika Sekolah Bertaraf Internasional di SDN ‐ BI Gemolong Tahun 2011/2012, sehingga menemukan makna mengenai: 1) Perencanaan pembelajaran matematika Sekolah Bertaraf Internasional, 2) Pelaksanaan pembelajaran matematika Sekolah Bertaraf Internasional 3) Evaluasi pembelajaran matematika Sekolah Bertaraf Internasional 4) Tindak Lanjut pembelajaran matematika Sekolah Bertaraf Internasional Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kwalitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi karena penelitian ini berhubungan dengan suatu grup atau kelompok masyarakat yang hidup bersama. Objek penelitian adalah Pengelolaan Pembelajaran Matematika di SDN BI Gemolong. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, peserta didik SDN BI Gemolong Kab. Sragen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode: observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen/arsip.Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, (1) Dalam merencanakan program pembelajaran dapat diketahui melalui penyiapan perangkat pembelajaran meliputi: a. Merumuskan tujuan pembelajaran. b. Merumuskan alat evaluasi/asesmen, baik bentuk, cara, waktu, dan model evaluasi yang akan dilakukan. c. Memilih materi pelajaran yang esensial untuk dikuasai dan dikembang‐kan dalam strategi pembelajaran. e. Memilih strategi pembelajaran sebagai proses pengalaman belajar siswa. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus merujuk pada persiapan yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Saat pembelajaran berlangsung guru harus membimbing anak dalam belajar. Dalam proses pembelajaran ada beberapa peran yang harus dilakukan oleh guru yakni: a. Informator, b. Organisator, c. Motivator, d. Director, e. Inisiator, f. Transmitter, g. Fasilitator, h. Mediator, dan i. Evaluator. 3) Diakhir kegiatan pembelajaran guru harus mengadakan evaluasi dengan jenis soal ulangan Ulangan harian, Quiz dan Drill 4) Dari keberhasilan dan kegagalan dalam pelaksanaan tindakan yang tertuang dalam tindak lanjut dari proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Langkah tindak lanjut dari pelaksanaan pembelajaran matematika d dilakukan dengan remidial teaching dan pengayaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran, Matematika, Anak SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2012 05:23
Last Modified: 20 Dec 2012 05:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item