RAHMAWATI, WAHYU (2012) Pengelolaan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Sdn Dari 2 Plupuh Sragen Tahun 2011 / 2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (482kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (333kB) |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang kecenderungannya menjadi sesuatu yang menakutkan karena banyak rumus yang wajib dihafalkan. Padahal matematika itu harus dipahami konsep dan manfaatnya. Sehingga diperlukan komunikasi yang baik agar matematika mampu dipahami siswa. Komunikasi tidak hanya terbatas pada bagaimana guru menyampaikan matematika kepada siswa melainkan bertujuan agar siswa mampu mengkomunikasikan matematika dengan bahasa yang dipahaminya. Komunikasi juga termasuk bagian dari proses pembelajaran kontekstual di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menggambarkan dan mengkaji karakteristik pengelolaan berbicara, menulis, menggambarkan dan menjelaskan konsep‐konsep dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data utama berasal dari kata‐kata dan tindakan dari guru dan siswa kelas IV, V dan VI di SDN Dari 2 Plupuh Sragen tahun 2011/2012. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian, (1) Perencanaan berbicara dalam pembelajaran matematika terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang penerapannya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dalam suasana pembelajaran yang aktif. Kemampuan berbicara dievaluasi secara lisan dan langsung, (2) Perencanaan menulis terdapat dalam RPP yang penerapannya melalui metode ceramah, latihan soal tertulis, dan diskusi di dalam suasana kelas yang diciptakan aktif. Evaluasi dari kemampuan menulis menggunakan tes tertulis, (3) Kemampuan menggambarkan memadukan antara kemampuan menggambar dan menulis. Perencanaan menggambarkan terdapat dalam RPP yang penerapannya menggunakan metode ceramah, demonstrasi, latihan, dan diskusi. Hasil dari menggambarkan dievaluasi melalui tes menggambar dan tes tertulis, (4) Kemampuan menjelaskan konsep sangat berkaitan dengan kemampuan siswa dalam berbicara, menulis dan menggambarkan. Perencanaan menjelaskan konsep‐konsep berasal dari RPP dengan guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan, dan diskusi. Evaluasi dari menjelaskan konsep‐konsep menggunakan tes lisan, menulis, dan menggambarkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Berbicara, Menulis, Menggambarkan, Menjelaskan konsep‐konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 05:07 |
Last Modified: | 20 Dec 2012 05:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22229 |
Actions (login required)
View Item |