Tamsari, Tamsari (2012) Pengelolaan Pendidikan Karakter Siswa Mi Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (660kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (275kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (333kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (497kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah (1) Penerapan pendidikan karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang; (2) Metode pembelajaran karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang; (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang. Penelitian ini dilakukan pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan langkah-langkah: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Penerapan pendidikan karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang, melalui pembiasaan (Habituasi) atau budaya sekolah seperti pembiasaan berjabat tangan, mengucapkan salam, shalat sunnah dhuha, merupakan kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah yang menanamkan nilai-nilai karakter dengan konsep dasar Misi: melaksanakan pembinaan ahlak sesuai nilai-nilai keislaman. Adapun Tahap penerapan pembiasaan (habituasi) atau budaya sekolah tersebut dengan mengarahkan, ajakan, keteladanan dan pemberian contoh-contoh; (2) Metode pembelajaran karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang, melalui metode variatif, dengan selalu berusaha mengaitkan atau memasukan materi atau pokok bahasan ke dalam nilai-nilai karakter (Reflektif). Dan memberikan nasehat-nasehat, arahan, wejangan, tausiyah, untuk selalu berbuat kebaikan sesuai dengan nilai-nilai keislaman, yang dilakukan sebelum atau sesudah atau di sela-sela penyampaian materi; (3) Faktor yang mempengaruhi karakter siswa MI Al-Huda Durenombo Kabupaten Batang, dalam pendidikan karakter adalah bentuk dukungan dari lingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat dan stakeholder lainnya, merupakan turut mempengaruhi nilai-nilai karakter anak melalui tingkat perhatian, kasih sayang, dan bimbingan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan dan pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 04:44 |
Last Modified: | 20 Dec 2012 04:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22226 |
Actions (login required)
View Item |