Pengelolaan Pembelajaran PKn Berbasis Karakter Bangsa (Studi Situs SMA Negeri 1 Kaliwungu)

Rahayu , Pudji (2012) Pengelolaan Pembelajaran PKn Berbasis Karakter Bangsa (Studi Situs SMA Negeri 1 Kaliwungu). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03.HALAMAN_DEPAN_PUDJI_RAHAYU.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I_PUDJI_RAHAYU.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II_PUDJI_RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III_PUDJI_RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV-PUDJI_RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V-PUDJI_RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab VI)
09.BAB_VI-PUDJI_RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA-PUDJI_RAHAYU.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI_PUDJI_RAHAYU.pdf

Download (849kB)
[img] PDF (Lampiran)
11.LAMPIRAN_PUDJI_RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan pembelajaran PKn berbasis Karakter Bangsa di SMA Negeri I Kaliwungu?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran PKn berbasis karakter bangsa di SMA Negeri 1 Kaliwungu. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik implementasi pembelajaran PKn berbasis karakter bangsa di SMA Negeri 1 Kaliwungu. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik evaluasi pembelajaran PKn berbasis karakter bangsa di SMA Negeri 1 Kaliwungu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kaliwungu. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian triangluasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran Pkn berbasis karakter bangsa di SMAN 1 Kaliwungu dilakukan dengan penyusunan RPP berdasarkan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran PKn terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar memudahkan guru dalam memasukkan nilai-nilai karakter yang akan diberikan kepada siswa. Nilai-nilai karakter yang dicantumkan dalam RPP disesuaikan dengan SK. (2) Implementasi pembelajaran PKn berbasis karakter bangsa terlihat dari elaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tiga tahapan. Pelaksanaan pembelajaran di awali dengan kegiatan pembukaan yang terdiri dari pembacaan doa dan menyanyikan lagu nasional. Kegiatan inti terdiri dari kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Nilai karakter untuk kegiatan ekplorasi antara lain rasa ingin tahu, semangat kebangsaan serta cinta tanah air. Nilai karakter untuk kegiatan elaborasi antara lain berani, percaya diri dan kerjasama. Kegiatan penutup dilakukan dengan membaca doa bersama dan mengucapkan salam sebelum meninggalkan ruang kelas. (3) Kegiatan evaluasi pembelajaran PKn berbasis karater bangsa di SMA N 1 Kaliwungu terbagi menjadi dua penilaian yaitu penilaian kognitif dan penilaian afektif. Penilaian kognitif dilakukan dengan memberikan soal kepada siswa sesuai dengan SK dan KD. Sedangkan untuk penilaian afektif dilakukan dengan menggunakan lembar observasi sesuai dengan niai-nilai karakter yang akan dicapai. Dari hasil penilaian afektif dapat diketahui ketercapaian penanaman nilai karakter bangsa dalam diri siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, pembelajaran, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 19 Dec 2012 12:23
Last Modified: 19 Dec 2012 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22222

Actions (login required)

View Item View Item