Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar (Studi Situs SDN Karangjati 03 Kabupaten Semarang)

Hafla, Muniarti (2012) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar (Studi Situs SDN Karangjati 03 Kabupaten Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN_MUNIARTI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I-MUNIARTI_HAFLA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II-MUNIARTI_HAFLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III-MUNARTI_HAFLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV-MUNIARTI_HAFLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V-MUNIARTI_HAFLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab VI)
09.BAB_VI-MUNIARTI_HAFLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR_PUSTAKA-MUNIARTI_HAFLA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
11.LAMPIRAN_MUNIARTI_HAFLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI-MUNIARTI_HAFLA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan (1) Cara Kepala Sekolah dalam komunikasi internal di SDN Karangjati03 Kabupaten Semarang. (2) Cara kepala sekolah dalam komunikasi eksternal di SDN Karangjati 03 Kabupaten Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SDN Karangjati 03 Kabupaten Semarang. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian inimeliputi credibility (validitas internal), transferability(validitas eksternal), dependability(reabilitas), dan confermability(objektivitas). Hasil penelitian (1) Kepala sekolah menjalin hubungan yang baik dengan semua anggota sekolah dengan membuat suasana di lingkungan sekolah selalu bersifat kondusif. Dalam pelaksanaan komunikasi internal antara kepala sekolah dengan anggota sekolah diperlukan adanya sikap keterbukaan. Sikap keterbukaan kepala sekolah membuat para guru dan tenaga kependidikan merasa tidak canggung dan takut untuk memberikan masukan dan juga menyampaikan pendapatnya. Kepala sekolah juga memberikan penghargaan (reward) dan juga hukuman atau teguran (punishman).Kepala sekolah menanamkan kebiasaan untuk berjabat tangan untuk guru dan tenaga kependidikan dan untuk siswa cium tangan ketika bertemu dengan guru dan kepala sekolah terutama di lingkungan sekolah. Kepala sekolah melakukan shalat berjamaah, buka puasa bersama serta shalat tarawih berjamaah dengan siswa. (2) Komunikasi ekternal terjalin antara kepala sekolah dengan masyarakat di luar lingkungan sekolah seperti orang tua siswa, komite sekolah, dan masyarakat di sekitar sekolah. Untuk meningkatkan hubungan antaraorang tua siswa dan kepala sekolah, pihak sekolah melakukan rapat minimal 2 kali dalam setahun. Sekolah mengundang anggota komite sekolah dalam pelaksanaan rapat penyusunan RAPBS dan rapat pengembangan sekolah. Kepala sekolah menjalin silaturahmi dengan orang tua siswa dan komite sekolah untuk meminimalkan konflik. Kepala sekolah ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, komunikasi internal, komunikasi eksternal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 05:30
Last Modified: 19 Dec 2012 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22192

Actions (login required)

View Item View Item