Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Bimbingan Orang Tua (Studi Situs SD Pringapus 03, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang)

Sudjarwo, Bambang (2012) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Bimbingan Orang Tua (Studi Situs SD Pringapus 03, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_BAMBANG-SUDJARWO.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_BAMBANG.pdf

Download (496kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua di SD Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. (2) Karakteristik peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua di SD Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri Pringapus 03. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil dari penelitian ini (1) Kegiatan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua dilakukan oleh paguyuban orang tua siswa yang beranggotakan orang tua siswa dari semua kelas. Namun untuk saat ini hanya paguyuban orang tua siswa kelas VI yang berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua dilakukan dengan cara mengulang materi pelajaran yang telah diajarkan oleh guru di sekolah dan mengerjakan soal-soal prediksi ujian nasional. Paguyuban orang tua siswa memberikan jam pelajaran tambahan yang dilaksanakan pada sore atau malam hari di sekolah. Evaluasi dalam pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua tidak dilakukan oleh guru, namun para guru tetap melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran matematika di sekolah. Proses evaluasi dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu evaluasi awal atau pre test, ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dan post test atau evaluasi akhir. (2) Orang tua melakukan kerjasama dengan sekolah dalam meningkatkan kualitas siswa. Peran serta orang tua dapat dikembangkan dalam upaya menopang prestasi belajar anaknya yaitu dengan memberi motivasi. Orang tua dapat memberikan motivasi dengan cara memberikan hadiah. Orang tua dapat memberikan fasilitas belajar yang memadai untuk belajar dirumah. Orang tua memberikan pantauan pada saat siswa sedang belajar. Karena bila anak mengalami kesulitan dalam belajar memudahkan orang tua untuk membantunya. Kata kunci: pengelolaan pembelajaran matematika, orang tua,

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran matematika, orang tua
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Sep 2013 06:31
Last Modified: 13 Sep 2013 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22166

Actions (login required)

View Item View Item