Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Kulit Batang Kedondong (Spondias pinnata) Terhadap Bakteri Shigella dysenteriae dan Staphylococcus saprophyticus

Nurhasanah, Yuyun (2012) Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Kulit Batang Kedondong (Spondias pinnata) Terhadap Bakteri Shigella dysenteriae dan Staphylococcus saprophyticus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri masih banyak dijumpai, salah satunya adalah disentri yang disebabkan oleh bakteri Shigella dysenteriae. Selain itu, Staphylococcus saprophyticus juga merupakan salah satu mikroorganisme yang paling sering ditemui terkait dengan infeksi saluran kemih akut (ISK) pada perempuan muda yang aktif secara seksual. Kedondong (Spondias pinnata) dimanfaatkan sebagai bahan obat alam untuk mengobati diare, disentri, rematik, gonore, TBC, katarak, infeksi mulut dan tenggorokan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak etanol kulit batang kedondong terhadap S. dysenteriae dan S. saprophyticus. Ekstrak etanol kulit batang kedondong Spondias pinnata diperoleh melalui ekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Ekstrak dengan seri konsentrasi 0,10%; 0,19%; 0,38%; dan 0,75% diuji aktivitas antibakteri terhadap S. dysenteriae dan S. saprophiticus dengan metode dilusi padat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada konsentrasi 0,75% terdapat hambatan pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae dan Staphylococcus saprophyticus yang lebih besar daripada konsentrasi 0,38%; 0,19%; dan 0,10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol kulit batang kedondong (Spondias pinnata) pada konsentrasi 0,75% menunjukkan aktivitas penghambatan pertumbuhan bakteri terhadap Shigella dysenteriae dan Staphylococcus tetapi nilai Kadar Hambat Minimal belum bisa ditentukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Spondias pinnata, Shigella dysenteriae, Staphylococcus saprophyticus, antibakteri
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2012 11:18
Last Modified: 14 Dec 2012 11:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22114

Actions (login required)

View Item View Item