Hayuningtyas, Budi (2012) Diagnosis Kesulitan Belajar Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Aspek Kognitif Matematika (Pada Siswa Kelas Vii Mts Muhammadiyah Blimbing, Polokarto, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (556kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (BAB IV )
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (BAB V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi )
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (235kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesulitan siswa pada materi aritmatika sosial dan untuk mendeskripsikan prosentase tingkat kesulitan belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. dimana penelitian ini berusaha menjelaskan atau mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian, yang terjadi pada saat sekarang. Dengan perkataan lain penelitian ini mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalahmasalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VII G MTs Muhammadiyah Blimbing, sedangkan penelitian diadakan pada siswa kelas VII F MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test, wawancara dan dokumentasi. Soal test atau soal penelitian diambil dari soal try out yang sudah diuji kevalidannya. Dari 12 soal try out yang diujikan ada 10 soal yang valid. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai seluruh siswa adalah 62,7. Dari hasil perhitungan prosentase diperoleh bahwa prosentase kesulitan siswa yakni kesulitan dalam penerapan konsep sebesar 38,13%, kesulitan dalam penggunaan rumus sebesar 34,1%, dan kesulitan dalam perhitungan sebesar 42,2%. Analisa diagnosis menunjukan bahwa siswa kelas VII F mengalami Under Achiver (Pencapaian Rendah) adalah mengacu kepada murid-murid yang memiliki tingkat potensi intelektual di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Under Achiver (Pencapaian Rendah) ini berbeda-berbeda antara siswa putera dan puteri. Under Achiver pada siswa putera adalah pada tahap pemahaman dan aplikasi sementara siswa puteri mengalami Under Achiver pada tahap analisa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Aritmatika Sosial, Aspek Kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Dec 2012 11:04 |
Last Modified: | 13 Dec 2012 11:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22063 |
Actions (login required)
View Item |