Asuhan Keperawatan Pada Tn. J Dengan Akut Miokard Infark (AMI) Di Ruang Intensive Coronary Care Unit (ICCU) Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Soehadi Prijonegoro Sragen

Nurlaily, Ari Pebru (2012) Asuhan Keperawatan Pada Tn. J Dengan Akut Miokard Infark (AMI) Di Ruang Intensive Coronary Care Unit (ICCU) Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Soehadi Prijonegoro Sragen. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (893kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (705kB)

Abstract

Kardiovaskuler merupakan sebuah organ yang terdiri dari otot dan bekerja di luar kemauan kita (dipengaruhi oleh susunan saraf otonom). Penyakit jantung koroner adalah salah satu akibat utama arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah nadi). Di antara penyakit jantung koroner, infark miokard akut (IMA) merupakan bentuk yang paling berbahaya dengan angka kematian yang paling tinggi. Di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen jumlah kasus infark miokard akut yang menjalani rawat inap dari bulan Januari hingga bulan Juli 2012 yaitu sebanyak 20 pasien. Dari 20 pasien tersebut, 15 pernah dirawat di ICCU. 5 pasien meninggal di IGD, salah satunya dikarenakan terlambatnya penanganan akibat komplikasi yang terlanjur parah. Tujuan karya tulis ini ialah untuk mengetahui dan mampu menerapkan teori ke dalam praktek asuhan keperawatan pada klien dengan akut miokard infark (AMI) di ruang Intensive Coronary Care Unit (ICCU) Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Soehadi Prijonegoro Sragen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, catatan medis dan studi kepustakaan. Hasil : Diagnosa utama pada kasus yaitu gangguan perfusi jaringan miokard berhubungan dengan Iskemik (penyempitan pembuluh arteri koronaria) teratasi sebagian dengan pemberian terapi oksigenasi, pemberian tirah baring (posisi semi fowler), dan pemberian terapi trombolitik. Masalah nyeri akut berhubungan dengan agen injury kimia (iskemia jaringan miokard) teratasi dengan terapi non farmakologi yang didukung dengan terapi farmakologi. Masalah intoleransi aktifitas berhubungan dengan ketidakseimbangan antara suplai oksigen miokard dan kebutuhan tubuh teratasi sebagian, klien toleransi untuk duduk dengan kaki terjuntai. Masalah cemas berhubungan dengan perubahan status kesehatan teratasi dengan pemberian support dari keluarga dan tenaga medis terutama perawat.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akut Miokard Infark, Intensive Coronary Care Unit, Asuhan Keperawatan, Kardiovaskuler
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Dec 2012 10:11
Last Modified: 13 Dec 2012 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22051

Actions (login required)

View Item View Item