Hubungan Pengetahuan Gizi Ibu Hamil Dan Frekuensi Pemeriksaan Kehamilan Dengan Status Gizi Ibu Hamil Di Puskesmas 2 Colomadu

ARIASTUTI, AYLA ROSIANA (2012) Hubungan Pengetahuan Gizi Ibu Hamil Dan Frekuensi Pemeriksaan Kehamilan Dengan Status Gizi Ibu Hamil Di Puskesmas 2 Colomadu. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Status gizi ibu hamil merupakan salah satu indikator dalam mengukur status gizi masyarakat. Ibu hamil yang memiliki status gizi yang kurang akan terjadi ketidakseimbangan zat gizi yang dapat menyebabkan masalah gizi pada ibu hamil. (Moehji,2003). Menurut hasil laporan kerja di Puskesmas 2 Colomadu pada tahun 2011 rata-rata ibu hamil per bulan untuk berkunjung memeriksakan kehamilan sekitar 200 orang. Prevalensi masalah gizi ibu hamil di Puskesmas 2 Colomadu sebagian besar mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK) yaitu 11 % per bulan. Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan gizi ibu hamil dan frekuensi pemeriksaan kehamilan dengan status gizi ibu hamil di Puskesmas 2 Colomadu. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian “cross sectional”. Jumlah sampel yang diperlukan sebanyak 42 orang. Data frekuensi pemeriksaan kehamilan diperoleh dari data karakteristik responden yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden dan data pengetahuan gizi ibu hamil diperoleh dengan kuesioner yang diisi oleh responden. Data tersebut diolah menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil : Sebagian besar ibu hamil di Puskesmas 2 Colomadu melakukan pemeriksaan kehamilan baik (64,3%), ibu hamil pengetahuan gizi cukup (78,6%) dan ibu hamil yang memiliki status gizi baik (90,5%). Hasil uji statistik frekuensi pemeriksaan kehamilan berdasarkan status gizi ibu hamil nilai p=0,008 dan pengetahuan gizi ibu hamil berdasarkan status gizi ibu hamil nilai p=0,782. Kesimpulan : Ada hubungan antara frekuensi pemeriksaan kehamilan dengan status gizi ibu hamil dan tidak ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan status gizi ibu hamil. Saran : Sebaiknya ibu hamil diberikan informasi tentang gizi dengan cara penyuluhan gizi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan gizi , frekuensi pemeriksaan kehamilan,status gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2012 05:30
Last Modified: 17 Sep 2022 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22034

Actions (login required)

View Item View Item