Daya Hambat Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Pertumbuhan Bacillus Licheniformis Perusak Ikan Dalam Sistem Emulsi Tween 80

WIDATI, WIDATI (2012) Daya Hambat Ekstrak Jahe (Zingiber Officinale) Terhadap Pertumbuhan Bacillus Licheniformis Perusak Ikan Dalam Sistem Emulsi Tween 80. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (836kB)

Abstract

Ikan merupakan bahan pangan yang mudah mengalami kerusakan sehingga perlu usaha untuk mengawetkannya. Hasil berbagai temuan di lapang ikan banyak diawetkan dengan bahan kimia pengawet yang berbahaya seperti formalin, sehingga perlu dilakukan usaha untuk menemukan pengawet ikan. Jahe (Zingiber officinale) memiliki senyawa antimikrobia sehingga berpotensi untuk mengawetkan bahan pangan seperti ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat ekstrak jahe terhadap pertumbuhan Bacillus licheniformis perusak ikan dalam sistem emulsi tween 80. Ekstrak jahe diperoleh melalui ekstraksi dengan pelarut etanol 70% menggunakan rotary evaporator. Pengujian terhadap pertumbuhan Bacillus licheniformis dilakukan dengan menggunakan desain eksperimental metode difusi agar pada media Nutrient Agar. Variabel yang diteliti yaitu besar daya hambat Bacillus licheniformis dan konsentrasi ekstrak jahe yang berbeda. Percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 kali perlakuan dan 3 kali ulangan. Konsentrasi ekstrak jahe yang diujikan adalah 0% (kontrol), 25%, 35% dan 45% (b/v). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan Bacillus licheniformis mulai konsentrasi 25% dengan luas daerah hambatan 15,60 mm. Hasil uji anova satu arah bahwa nilai p > 0,05 yaitu 0,000 maka terdapat pengaruh daya hambat ekstrak jahe terhadap pertumbuhan Bacillus licheniformis. Terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian ekstrak jahe terhadap besar daya hambat Bacillus licheniformis pada konsentrasi 0% dengan 25%, 35%, 45%. Konsentrasi 45% berbeda nyata dengan semua perlakuan. Saran dari penelitian ini adalah ekstrak jahe mampu menghambat pertumbuhan bakteri Bacillus licheniformis sehingga dapat diaplikasikan sebagai pengawet makanan khususnya ikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: daya hambat, ekstrak jahe, Bacillus licheniformis, ikan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2012 04:59
Last Modified: 17 Sep 2022 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22029

Actions (login required)

View Item View Item