Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang TB Paru Dengan Kepatuhan Menjalani Program Pengobatan Pada Penderita TB Paru di BBKPM Surakarta

Prabowo, Doni (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang TB Paru Dengan Kepatuhan Menjalani Program Pengobatan Pada Penderita TB Paru di BBKPM Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Latar Belakang : Tuberkulosis Paru (TB Paru) merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Indonesia saat ini berada pada peringkat kelima negara dengan beban TB Paru tertinggi di dunia. Kepatuhan menjalani program pengobatan TB Paru menjadi salah satu faktor yang berperan dalam keberhasilan penanggulangan TB Paru, dan pengetahuan menjadi salah satu faktor yang mendorong pasien TB Paru untuk menjalani program pengobatan TB Paru. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang TB Paru dengan kepatuhan menjalani program pengobatan pada penderita TB Paru di BBKPM Surakarta. Metode : Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Data tingkat pengetahuan dan kepatuhan diperoleh melalui kuesioner. Subjek penelitian ini adalah pasien TB Paru yang mendapat pengobatan jangka pendek tahun 2012 di BBKPM Surakarta. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Fisher’s Exact. Hasil : Terdapat 50 responden, terdiri dari 42 responden patuh dan 8 responden tidak patuh. Dari 42 responden patuh terdapat 30 responden berpengetahuan baik, 12 responden berpengetahuan rendah. Dari 8 responden tidak patuh terdapat 1 responden berpengetahuan baik, dan 7 responden berpengetahuan rendah. Dari hasil analisis Fisher’s Exact didapatkan p=0.003. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan tentang TB Paru dengan kepatuhan menjalani program pengobatan pada penderita TB Paru. Responden yang memiliki tingkat pengetahuan baik tentang TB Paru akan meningkatkan kepatuhan pengobatan TB Paru, sedangkan yang memiliki pengetahuan kurang akan menurunkan tingkat kepatuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Kepatuhan, TB Paru
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2012 05:39
Last Modified: 12 Dec 2012 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22011

Actions (login required)

View Item View Item