Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Perawatan Paliatif Dengan Sikap Terhadap Penatalaksanaan Pasien Dalam Perawatan Paliatif Di RS Dr. Moewardi Surakarta

Wulandari, Fitriana (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Perawatan Paliatif Dengan Sikap Terhadap Penatalaksanaan Pasien Dalam Perawatan Paliatif Di RS Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (305kB)

Abstract

Saat ini pelayanan kesehatan di Indonesia belum menyentuh kebutuhan pasien dengan penyakit yang sulit disembuhkan, terutama pada stadium lanjut. Jumlah penderita kanker di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta mengalami peningkatan setiap tahunnya namun belum tersedia instalansi khusus untuk perawatan paliatif. Hasil observasi di Ruang Mawar II, Melati II, Mawar III, dan Anggrek II ditemukan bahwa sebagian besar perawat lebih memfokuskan penatalaksanaan pasien pada tindakan kuratif saja. Perawat lebih memfokuskan pada kondisi fisik pasien dan kurang memperhatikan penatalaksanaan psikologis, sosial, dan spiritual. Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan perawat tentang perawatan paliatif dengan sikap terhadap penatalaksanaan pasien dalam perawatan paliatif Di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta. Metode penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Peneliti memilih populasi perawat Ruang Mawar II, Melati II, Mawar III, dan Anggrek II karena disemua ruangan tersebut pernah digunakan untuk merawat pasien terminal seperti kanker. Pengambilan sampel menggunakan tehnik sampling jenuh diperoleh 93 responden. Data penelitian diperoleh dengan cara pemberian kuesioner pengetahuan dan kuesioner sikap dan selanjutnya dianalisis dengan uji Spearmen Rank. Hasil penelitian menunjukkan 46 responden (49.5%) memiliki pengetahuan cukup, 27 (29.0 %) responden memiliki tingkat pengetahuan baik, dan 20 (21.5 %) responden memiliki tingkat pengetahuan kurang. Sikap responden adalah 61 (65.6 %) responden memiliki sikap baik, dan 32 responden (34.4 %) memiliki sikap buruk. Hasil uji hipotesis penelitian diperoleh nilai korelasi Spearmen Rank 0.871, dan p value 0.000. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan tingkat pengetahuan perawat tentang perawatan paliatif dengan sikap terhadap penatalaksanaan pasien dalam perawatan paliatif di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perawat, pengetahuan, sikap, perawatan paliatif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Dec 2012 06:16
Last Modified: 11 Dec 2012 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21972

Actions (login required)

View Item View Item