Hubungan antara Body Mass Index, Obstruction, Dispnea, dan Exersice Capacity (BODE) dengan Aktivitas Sehari-Hari Penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK)

Ratnaningrum, Tyas Sari and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes (2012) Hubungan antara Body Mass Index, Obstruction, Dispnea, dan Exersice Capacity (BODE) dengan Aktivitas Sehari-Hari Penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lmapiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (340kB)

Abstract

PPOK adalah penyakit paru kronik yang ditandai dengan hambatan aliran udara di saluran napas yang tidak sepenuhnya reversibel. Peningkatan tingkat keparahan pada penderita PPOK berpengaruh terhadap penurunan kapasitas aktivitas sehari-harinya (ADL). Untuk menentukan hubungan antara indeks BODE dengan penurunan ADL dan masing-masing dari indeks BODE (BMI, Obstruction, Dispnea, dan Exercise Capacity) dengan ADL. Responden yang 31 orang penderita PPOK di Poli Non TB BBKPM diambil sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional dengan desain penelitian point time approach. Jalannya penelitian yaitu pengambilan biodata pasien, dilanjutkan dengan tes spirometri dan penghitungan BMI lalu dilanjutkan wawancara terkait dengan tingkat dispnea dan ADL. Terakhir pengukuran ketahanan latihan dengan 6 minutes walking test. Uji normalitas data menggunakan uji kolmogorov smirnov dan uji korelasi yang digunakan adalah uji rank spearman. Analisa data pada Indeks BODE dengan ADL secara umum menunjukkan bahwa nilai sig : 0,002. Secara spesifik hasil analisa untuk BMI dengan ADL menunjukkan nilai sig : 0,880, Kapasitas vital paru dengan ADL menunjukkan nilai sig : 0,007, hasil untuk Ketahanan latihan denganADL menunjukkan nilai sig : 0,053, dan hasil sesak nafas dengan ADL menunjukkan hasil sig 0,032. Kesimpulannya, secara umum ada hubungan antara Indeks BODE dengan ADL.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PPOK, Indeks BODE, ADL
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Dec 2012 10:20
Last Modified: 10 Nov 2016 06:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item