Prasanti, Faza Imania and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc and , Yoni Rustiana K, SSt. FT. M.Fis (2012) Pengaruh Brain Gym Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Remaja Kelas VII SMP Muhammadiyah Pekalongan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (719kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (407kB) |
Abstract
Latar belakang : Setiap manusia pasti pernah mengalami stres, Perubahan fisik pada diri remaja dalam masa pubertas terkadang menyebabkan ketidakstabilan emosi dan berpotensi terjadinya stres. Stres pada remaja awal lebih di akibatkan oleh faktor usia transisi dari anak-anak menuju dewasa periode ini disebut periode storm and stres. Fisioterapi dapat mengurangi terjadinya stres pada masa awal pubertas dengan memberikan Brain Gym, sebagai salah satu upaya untuk mengurangi derajat stres pada remaja agar mereka dapat berpotensi secara optimal. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh latihan Brain Gym terhadap penurunan tingkat stres pada remaja kelas VII SMP Muhammadiyah Pekalongan dan untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan Brain Gym terhadap penurunan tingkat stres pada remaja kelas VII SMP Muhammadiyah Pekalongan Metode penelitian : Menggunakan metode Quasi Experiment dengan pre and post test without control group design. Jumlah responden yang di libatkan ada 36 responden. Derajat stres diukur dengan skala DASS (Depression Anxiety and Stress Scale). Pemberian Brain Gym dilakukan secara rutin 12 kali selama 2 minggu dengan durasi 10 – 15 menit. Hasil dan kesimpulan: Ada pengaruh pemberian Brain Gym terhadap penurunan tingkat stres pada remaja kelas VII SMP Muhammadiyah Pekalongan Hal ini dapat dilihat dari hasil uji beda pengaruh bahwa pada saat ditest menggunakan skala DASS setelah mendapatkan perlakuan Brain Gym diperoleh p-value sebesar 0.000 karena p-value lebih kecil dari 0,05 kesimpulan Signifikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain Gym, Tingkat stres, anak usia remaja. |
Subjects: | R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4 |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2012 07:11 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 06:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21914 |
Actions (login required)
View Item |