Hubungan Tingkat Demensia dengan Tingkat Kemampuan Aktivitas Dasar Sehari-Hari (ADS) Pada Lanjut Usia di Desa Krajan Gatak Sukoharjo

Suryantoro, Dwi (2012) Hubungan Tingkat Demensia dengan Tingkat Kemampuan Aktivitas Dasar Sehari-Hari (ADS) Pada Lanjut Usia di Desa Krajan Gatak Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (264kB)

Abstract

Peningkatan harapan hidup di satu sisi merupakan suatu keberhasilan program kesehatan di Indonesia. Lanjut usia yang mengalami gangguan demensia akan menemui berbagai masalah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Semakin berat gangguan demensia yang dialami lansia, semakin sulit lansia dapat melakukan aktivitas secara mandiri. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan tingkat demensia dengan tingkat kemampuan Aktivitas Dasar Seharihari (ADS) pada lansia di Desa Krajan Gatak Sukoharjo, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, non eksperimen. Desain yang digunakan adalah deskriptif korelatif, Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi penelitian sebanyak 820 lanjut usia di Desa Krajan Gatak Sukoharjo yang berusia 60 sampai 74 tahun. Sampel sebanyak 90 lansia yang ditentukan dengan tehnik purposive sampel. Instrument penelitian menggunakan kuesioner Clinical Dementia Rate (CDR) dan kuesioner Indeks Barthel untuk mengukur kemampuan lansia dalam melakukan kegiatan dalam memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari. Alat analisis penelitian menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian diperoleh data sebanyak 30 responden (33,3%) mengalami gejala demensia, 33 responden (36,7%) mengalami demensia ringan, 17 responden (18,6%) mengalami demensia sedang, dan 10 responden (11,1%) mengalami demensia berat. Kemapuan aktivitas seharihari menunjukkan 62 Responden (68,2%) dengan Tingkat kemampuan aktivitas dasar sehari-hari kategori dengan bantuan dan 28 responden (30,8%) dengan Tingkat kemampuan aktivitas dasar sehari-hari kategori mandiri. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai χ 2 = 15.987 Dengan p = 0,001 sehingga disimpulkan Ho ditolak, yang artinya terdapat hubungan tingkat demensia dengan tingkat kemampuan aktivitas dasar sehari-hari (ADS) lanjut usia di Desa Krajan Gatak Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: demensia, kemampuan Aktivitas Dasar Sehari-hari, lanjut usia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2012 06:29
Last Modified: 08 Dec 2012 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21907

Actions (login required)

View Item View Item