KUSUMANINGTYAS, ARUM (2008) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN KELAS II SD NEGERI TEMPELAN 2 BLORA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040135.pdf Download (155kB) |
|
PDF
A410040135.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika pada siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan deduktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD Negeri Tempelan 2 Blora berjumlah 97 siswa, yaitu kelas 2A = 47 siswa dan 2B 50 = siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu sebanyak 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 40 siswa untuk kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah kedua uji prasyarat analisis terpenuhi kemudian dianalisis datanya dengan rumus t-test. Dengan α = 0.046 diperoleh kesimpulan (1) Ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan pendekatan deduktif, (2) Prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian kelas eksperimen yang diberi pendekatan kontekstual lebih baik dari kelas kontrol yang diberi pendekatan deduktif, sehingga penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, kontekstual, deduktif, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2009 08:55 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 00:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2186 |
Actions (login required)
View Item |