Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Dengan Menjawab Pertanyaan Media Audio Visual Buatan Sendiri Pada Kelompok B Di Tk Aba Kajoran Kabupaten Klaten Tahun 2012 / 2013

HARDIYANTI , WARDOYO (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Dengan Menjawab Pertanyaan Media Audio Visual Buatan Sendiri Pada Kelompok B Di Tk Aba Kajoran Kabupaten Klaten Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (306kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04_BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab 2)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab 3)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab 4)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab 5)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengungkapkan bahasa bagi anak khususnya pada kemampuan menjawab pertanyaan di TK ABA Kajoran, Klaten Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam rangka memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana Pendidikan Anak Usia Dini, subyek penelitian guru dan anak pada kelompok B TK ABA Kajoran Klaten Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Indikator kinerja yang ingin dicapaiantara lain; menjawab pertanyaan sederhana, memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain, menyebut nama benda yang diperlihatkan dan berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata. Rancangan penelitian tindakan kelas (Class Room Action) berbentuk siklus-siklus seolah-olah merupakan proses daur ulang, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis pada Bab IV disimpulkan bahwa“ Penggunaan Media Audio Visual buatan sendiri dapat meningkatkan Kemampuan mengungkapkan bahasa anak pada kelompok B di TK ABA Kajoran, Klaten Selatan”. Dari siklus-siklus kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I prosentasi siswa yang dapat menyimak dan menguasai kosa kata sebanyak 7 anak ( 45% ), pada siklus II disajikan penayangan CD dengan tema yang lain dan diselingi dengan lembar tugas yang ada dalam tayangan dan prosentase keberhasilan menjadi 9 anak ( 75% ), karena dianggap siklus II belum memenuhi target yang direncanakan maka dilanjutkan dengan iklus III dengan pemilihan tema yang lain dan ditambah dengan demonstrasi mengekpresikan perasaan dengan ungkapan kata/kalimat, dengan tujuan anak lebih terkondisi dan prosentase keberhasilan pada siklus III mencapai 80% atau 12anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengungkapkan, menjawab pertanyaan dengan baik dan benar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 05 Dec 2012 11:10
Last Modified: 05 Dec 2012 13:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21821

Actions (login required)

View Item View Item